Rukun Pertama yang Dikerjakan Ketika Salat

Rukun Pertama Yang Dikerjakan Ketika SalatSource: bing.com

Pengertian Salat

Salat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim. Ibadah salat dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada Allah SWT. Salat merupakan ibadah yang sangat penting dalam agama Islam dan dilakukan lima kali sehari.

Rukun-Rukun Salat

Rukun salat terdiri dari lima bagian, yaitu takbiratul ihram, membaca surat Al-Fatihah, ruku, i’tidal, dan sujud. Setiap rukun memiliki tata cara dan pengertian yang berbeda-beda. Pada artikel ini akan dibahas mengenai rukun pertama yang harus dikerjakan ketika melaksanakan salat, yaitu takbiratul ihram.

Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah rukun pertama yang harus dikerjakan ketika melaksanakan salat. Takbiratul ihram diucapkan sebanyak satu kali ketika akan memulai salat. Takbiratul ihram dilakukan sebagai tanda dimulainya ibadah salat.

Tata Cara Melakukan Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu ke samping telinga, lalu mengucapkan kalimat “Allahu Akbar”. Setelah itu, kedua tangan diturunkan dan posisi tangan diletakkan di atas dada. Pada posisi ini, salat telah dimulai.

Pengertian Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram memiliki makna yang sangat penting dalam salat. Takbiratul ihram menandakan dimulainya ibadah salat. Takbiratul ihram juga merupakan suatu bentuk penghormatan kepada Allah SWT. Dalam takbiratul ihram, kita mengakui kebesaran Allah dan merendahkan diri sebagai hamba-Nya.

Keutamaan Melakukan Takbiratul Ihram

Melakukan takbiratul ihram memiliki banyak keutamaan. Diantaranya, Allah memberikan pahala yang besar bagi orang yang melaksanakan takbiratul ihram dengan khusyuk dan ikhlas. Selain itu, takbiratul ihram juga menjadi bukti bahwa kita sebagai muslim telah mengakui kebesaran Allah dan siap untuk melaksanakan salat dengan penuh ketaatan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Takbiratul Ihram

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan takbiratul ihram, diantaranya: 1. Takbiratul ihram harus dilakukan dengan khusyuk dan ikhlas.2. Takbiratul ihram harus diucapkan dengan suara keras dan jelas.3. Takbiratul ihram dilakukan dengan menghadap kiblat.4. Takbiratul ihram tidak boleh diucapkan saat adzan sedang berkumandang.5. Takbiratul ihram harus diucapkan secara bersama-sama dengan jama’ah.

Penutup

Dalam artikel ini telah dijelaskan mengenai rukun pertama yang harus dikerjakan ketika melaksanakan salat, yaitu takbiratul ihram. Takbiratul ihram memiliki makna yang sangat penting dan memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, kita sebagai muslim harus selalu mengedepankan ketaatan kepada Allah SWT dalam setiap ibadah yang kita lakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *