Gimana Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan IMEI?

Memulihkan ponsel Android dengan nomor IMEI yang hilang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas, karena banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana sebenarnya teknik pemulihan ini bekerja.

IMEI memang dapat digunakan untuk mengidentifikasi ponsel, tetapi melacak ponsel yang hilang melalui IMEI bukanlah tugas yang mudah, yang dapat dilakukan hanya dengan mengklik, mengklik, atau menyalin nomor IMEI situs web atau aplikasi.

Jika dibiarkan tidak dikelola, mereka dapat tersesat dan kehilangan jalan yang benar tipuan, ya setidaknya waktu kita akan terbuang percuma untuk hal yang tidak berguna.

Agar lebih mudah dipahami, hal pertama yang perlu kita ketahui adalah apa itu IMEI dan apa fungsinya. Mengapa IMEI dapat digunakan untuk melacak ponsel Bagaimana?

Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Device Identification, satu set nomor unik (15 digit) yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan.

Kita juga bisa mendapatkan informasi tentang model ponsel, tahun rilis spesifikasi melalui nomor IMEI ini. Caranya dengan memasukkan nomor IMEI di situs web atau aplikasi pengenal IMEI.

Coba saja lakukan, salin nomor IMEI berikut.

356938035643809:

Kemudian posting di website https://www.imei.info

Isi chaptcha kik CHECK. Informasi detail model ponsel, tanggal rilis spesifikasi akan muncul kemudian.

Sangat mudah untuk melihat nomor IMEI di ponsel Android Anda, cukup tekan kode *#06#, lalu tekan tombol dial, maka akan muncul informasi tentang nomor IMEI ponsel kita.

TRENDING  Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi di Laptop dan PC

Untuk memulihkan fungsi IMEI yang hilang di ponsel

Operator seluler merupakan salah satu pihak yang menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi ponsel. Operator seluler dapat memblokir ponsel di jaringan mereka berdasarkan nomor IMEI ini.

Setelah diblokir oleh jaringan, kami tidak akan dapat lagi mengakses jaringan, meskipun kami telah mengubah nomor SIM karena IMEI bersifat permanen.

Jika perlu, operator seluler juga dapat menemukan menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi perangkat tepat

Perhatikan kalimat saya berani di atas, itu fungsi IMEI untuk melacak ponsel yang hilang.

Fungsi IMEI hanya untuk mengidentifikasi perangkat, bukan lokasi. Karena IMEI tidak berisi informasi tentang lokasi perangkat.

Jadi, jika ada website atau aplikasi yang mengklaim bisa melacak lokasi ponsel yang hilang hanya dengan menyalin nomor IMEI-nya, sudah pasti bohong.

Jadi, lebih baik untuk tidak mempercayai situs atau aplikasi tersebut dengan mudah. Terkadang bahkan informasi pribadi kita dicuri atau kita terjebak dalam penipuan.

Cara Melacak Ponsel yang Hilang Dengan IMEI

Memulihkan ponsel Android yang hilang melalui IMEI memang tidak mudah atau murah. Untuk melacak ponsel melalui IMEI, kita perlu mengakses beberapa menara BTS yang terhubung ke ponsel secara bersamaan.

TRENDING  Cara Scan Foto di HP Android dengan Gampang

Teknik pelacakan yang paling umum digunakan untuk melacak ponsel melalui IMEI adalah teknik triangulasi BTS. Ini disebut triangulasi karena membutuhkan setidaknya 3 BTS yang terhubung ke ponsel untuk mendapatkan posisi yang lebih akurat.

Arti dari BTS adalah: Stasiun pemancar dasar atau kita sering menyebutnya sebagai menara sinyal. Setiap operator seluler memiliki BTS sendiri, fungsinya untuk menghubungkan ponsel kita ke jaringan seluler provider yang kita gunakan. BTS ini mudah dikenali karena biasanya dicat merah putih.

Menara BTS:Menara BTS:

Pemulihan hanya dapat dilakukan jika ponsel masih hidup dan ponsel dimatikan. Tentu saja tidak bisa, karena ponsel yang mati tidak bisa mengirimkan sinyal apapun.

Sebelum melakukan pelacakan melalui segitiga BTS, mesin pencari membutuhkan data sensitif seperti nomor ponsel atau IMEI untuk mengidentifikasi perangkat LAC CID, yang berguna untuk menentukan area pencarian.

Data ini selalu dikirimkan ke ponsel kita setiap kali terhubung ke menara BTS, jadi pihak yang memegang data ini adalah operator seluler. Informasi ini bersifat rahasia, operator tidak akan memberikannya kepada publik atau orang yang tidak berwenang.

Mesin pencari kemudian akan menggunakan 3 menara BTS terdekat yang secara bersamaan terhubung ke ponsel yang ingin Anda lacak.

Setiap menara BTS digunakan untuk mencari jarak dari ponsel ke menara, menghitung waktu sinyal dari ponsel mencapai menara, menggunakan 3 menara, perkiraan lokasi akan lebih akurat.

TRENDING  Langkah Mudah Memindahkan Akun Whatsapp Kena Blokir

Untuk memahaminya, lihat gambar berikut.

Melacak ponsel dengan nomor ponsel menggunakan Segitiga 2

Lokasi yang didapat dari teknik ini juga tidak 100% akurat, pencari belum menentukan domain pencarian. Yang lebih akurat adalah Google Maps, yang menggunakan GPS jika sinyalnya bagus.

Jadi, apakah mungkin melacak ponsel dengan IMEI?

Secara teknis Anda bisa. Tapi prosesnya rumit dan mahal. Pengambilan ponsel melalui IMEI tidak akan dilakukan kecuali memiliki urgensi yang tinggi, jika hanya karena seseorang kehilangan ponselnya, saya rasa operator seluler tidak mau repot.

Pelacakan ponsel melalui IMEI juga tidak bisa dilakukan oleh orang biasa karena mereka harus mengakses menara BTS. Jadi lupakan saja ide Anda untuk mengambil ponsel yang hilang oleh IMEI, karena kami tidak akan dapat melakukannya. Demikian pula, situs web atau aplikasi yang mengklaim dapat melacak ponsel hanya dengan “copy-paste” IMEI mereka tentu saja salah.

Cara yang lebih mudah untuk melacak ponsel yang hilang

Mengetahui pelacakan ponsel melalui IMEI bukan untuk orang biasa, ada baiknya kita memilih opsi lain yang lebih mudah. Memulihkan ponsel yang hilang saat ini dapat dengan mudah dilakukan, berikut beberapa tutorial yang telah diposting sebelumnya.

Sampai disini dulu sharing saya pada kesempatan kali ini. Semoga bisa digunakan.

Leave a Reply