Ciri-Ciri Diatas Merupakan Manusia Purba Jenis

Ciri-Ciri Diatas Merupakan Manusia Purba JenisSource: bing.com

Pendahuluan

Manusia purba adalah nenek moyang kita yang hidup ribuan tahun yang lalu. Mereka hidup pada zaman prasejarah dan memiliki kebiasaan dan penampilan yang berbeda dari manusia modern saat ini. Salah satu cara untuk mengidentifikasi manusia purba adalah melalui ciri-ciri fisik dan perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa ciri-ciri diatas yang merupakan manusia purba jenis.

Ciri-Ciri Fisik

Ciri-ciri fisik manusia purba dapat dilihat dari tengkorak dan bagian tubuh lainnya. Beberapa ciri-ciri fisik manusia purba jenis antara lain:- Tengkorak dengan rahang yang lebih besar dan menonjol.- Tengkorak yang lebih lebar dan pipi yang lebih menonjol.- Dahi yang lebih rendah dan miring.- Tengkorak yang lebih kecil dari manusia modern.- Tulang yang lebih tebal dan kuat.- Tubuh yang lebih pendek dari manusia modern.- Rangkaian gigi yang lebih besar dan lebih kuat.

Ciri-Ciri Perilaku

Ciri-ciri perilaku manusia purba juga dapat dilihat dari cara mereka hidup dan bertahan hidup. Beberapa ciri-ciri perilaku manusia purba jenis antara lain:- Hidup secara nomaden dan bermigrasi untuk mencari makanan.- Menggunakan alat sederhana seperti batu dan kayu untuk membuat alat dan senjata.- Memburu hewan dan mengumpulkan makanan dari alam liar.- Hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari beberapa keluarga.- Membuat lukisan dan gambar untuk menggambarkan kehidupan sehari-hari.- Melestarikan dan memuja leluhur dan roh-roh alam.- Memiliki bahasa yang sederhana dan terbatas.

Manusia Purba Jenis

Berikut adalah beberapa jenis manusia purba dan ciri-ciri fisik dan perilaku mereka:- Homo Erectus: manusia purba yang hidup sekitar 1,8 juta tahun yang lalu, memiliki tengkorak lebar dan rahang menonjol, hidup secara nomaden dan menggunakan alat batu sederhana.- Homo Habilis: manusia purba yang hidup sekitar 2,8 juta tahun yang lalu, memiliki otak yang lebih besar daripada Homo Erectus, hidup secara nomaden, dan menggunakan alat batu sederhana untuk memotong makanan.- Neanderthal: manusia purba yang hidup sekitar 230.000 hingga 30.000 tahun yang lalu, memiliki tubuh yang lebih pendek dan lebih kuat, hidup secara nomaden, dan menggunakan senjata dan alat yang lebih canggih.- Homo Sapiens: manusia purba yang merupakan nenek moyang kita, hidup sekitar 300.000 hingga 200.000 tahun yang lalu, memiliki otak yang lebih besar, hidup secara nomaden, dan menggunakan senjata dan alat yang lebih canggih.

Kesimpulan

Ciri-ciri diatas merupakan beberapa karakteristik manusia purba jenis. Melalui ciri-ciri fisik dan perilaku mereka, kita dapat mengenal lebih dekat sejarah nenek moyang kita dan mempelajari bagaimana mereka hidup dan bertahan hidup. Meskipun mereka hidup ribuan tahun yang lalu, tetapi warisan mereka masih berdampak pada kehidupan kita saat ini.

Demikianlah artikel mengenai ciri-ciri diatas yang merupakan manusia purba jenis. Dengan mengetahui ciri-ciri mereka, kita dapat memahami sejarah dan perkembangan manusia dari masa ke masa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *