Jenis Jenis Asuransi di Indonesia

Masyarakat di Indonesia seringkali menggunakan produk asuransi. Namun tahukan kalian bahwa asuransi yang beredar di Indonesia sangat banyak sekali. Perusahaan asuransi juga mengembangkan beberapa produk terbaru untuk mengakomodir kebutuhan asuransi dari masyarakat. Namun, secara umum, dikenal empat jenis asuransi yang banyak digunakan.

Berikut 4 jenis asuransi yang sering digunakan :

  1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan perlindungan biaya perawatan apabila tertanggung terkena sakit atau kecelakaan. Jadi apabila nanti nasabah atau pihak tertanggung nya sakit atau mengalami perawatan, nantinya akan ada aja yang mengganti biaya perawatan tersebut. Jadi asuransi kesehatan ini sudah tidak asing lagi karena di Indonesia sendiri sudah memberikan asuransi kesehatan kepada masyarakat.

  1. Asuransi jiwa

Kami pernah menjumpai beberapa orang yang masih belum paham perbedaan antara asuransi kesehatan dengan asuransi jiwa. Nah, asuransi jiwa adalah asuransi untuk menanggung kematian dari nasabah, secara gampangnya asuransi jiwa tersebut akan memberikan sejumlah uang pertanggungan apabila tertanggung nya terkena resiko meninggal dunia. Istilahnya, asuransi jiwa ini merupakan solusi kematian, karena masih hidup maka uang pertanggungannya tidak akan keluar.

TRENDING  Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan Termasuk Covid-19

Asuransi jiwa sendiri itu memiliki beberapa perbedaan tergantung asuransi apa yang kita ambil. Jadi ada yang sistemnya asuransi jiwa jangka pendek ada yang asuransi jiwa seumur hidup, tergantung produk asuransi yang diambil.

  1. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan program yang merencanakan biaya pendidikan anak. Kita tahu sendiri bahwa setiap tahun di Indonesia ini mengalami inflasi pendidikan yang cukup besar angkanya. Kita juga tahu bahwa biaya pendidikan setiap tahun semakin meningkat dan semakin mahal, maka sangat banyak para orang tua yang merencanakan dana pendidikan anaknya dalam bentuk asuransi.

Keunggulan dari asuransi pendidikan adalah terdapat jaminan perlindungan orang tua. Ketika terjadi resiko sepanjang perjalanan tertanggung membayar asuransi, contohnya orang tuanya mengalami resiko seperti cacat total atau sakit kritis atau bahkan sampai tutup usia, maka anak akan mengalami bebas klaim atau secara singkat anak akan mendapat beasiswa. Jadi asuransinya itu free sampai sang anak mencapai usia 25 tahun.

TRENDING  Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Travellers

Tidak jarang kita jumpai orang tua akan sangat peduli untuk merencanakan biaya pendidikan anaknya dalam bentuk asuransi, karena kita menjaga sepanjang perjalanan orang tua membayarkan atau menyediakan biaya pendidikan anak. Jika terjadi risiko, maka akan ada perlindungan atau bisa kita bilang tujuan dari sekolah anak ini tetap tercapai.

  1. Asuransi Umum

Jadi asuransi umum ini merupakan pergantian sejumlah dana terhadap benda, contoh asuransi mobil, asuransi bangunan. Ketika terjadi risiko kerusakan atau kehilangan maka akan ada dana pergantian. Jadi pihak penanggung atau perusahaan asuransi akan menjamin ketika terjadi kerusakan dan kehilangan terhadap barang atau benda tertentu.

Tujuan dari asuransi bukan untuk menghindari resiko karena resiko selalu ada dan tidak bisa hindari. Resiko berada diluar dari kendali kita, namun asuransi tujuannya adalah meminimalisir resiko karena ketika terjadi resiko sudah ada sejumlah dana yang diberikan sehingga dapat mengurangi dampak dari kerugian atas finansial akibat dari resiko tersebut. Semoga bermanfaat.

TRENDING  Kamu Harus Tahu Apa Itu Reksadana Syariah, Begini Penjelasannya

Leave a Reply